Rabu, 07 Juni 2017

Tips Menjadi Broker Profesional Di Dunia Bisnis Properti


Anda seorang yang suka dengan bisnis properti? Keunggulan dari bisnis ini adalah ketika Anda tidak memiliki modal yang cukup, langkah awal agar bisa mendapatkan sebuah keuntungan yaitu menjadi seorang broker. Istilah ini cukup sering disebut sebagai perantara jual beli properti, baik itu tanah, rumah, apartemen, hotel, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini, beberapa tips akan di paparkan yang semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda yang ingin menjadi broker profesional.

Membiasakan diri untuk mendapatkan satu informasi yang lengkap
Untuk menjadi broker profesional dalam bidang bisnis properti, hal yang perlu Anda kerjakan adalah membiasakan diri untuk mendapatkan satu properti yang hendak Anda jual dengan informasi yang lengkap. Jika bisa dianggap super lengkap, mungkin hal yang lebih baik tentunya. Dianggap sebuah informasi lengkap tersebut, dari hasil pengalaman dan survey untuk keinginan para calon buyer, maka persiapkanlah beberapa hal berikut ini:

1. Kelengkapan dokumen: hal yang sangat penting untuk bisa memberikan kepastian dokumen properti yang akan Anda pasarkan tersebut benar aman dan jelas, walaupun itu sekedar dokumen yang berstatus GIRIK, ataupun AJB, bahkan sudah sertifikatpun biasanya akan dipertanyakan keamanannya. Jangan sampai statusnya bermasalah di keterangan informasi dari BPN. Kemudian untuk hal yang mengenai properti yang berstatus warisan, minta kelengkapan dokumen berupa surat ahli waris dan lebih amannya adalah surat kuasa dalam satu orang ahli waris, karena ditakutkan beberapa orang tidak ingin menjual dan menjadi permasalahan bagi Anda sebagai broker.

2. Informasi dari properti itu sendiri: biasanya yang perlu Anda ketahui adalah lingkungan sekitar seperti apa, kemudian muka lana tersebut mengarah ke bagian mana, apakah utara, selatan, timur, dan lain sebagainya. Kelengkapan untuk rumah, sebaiknya dilakukan dengan seksama seperti jumlah kamar, jumlah kamar mandi, lebar muka bagian depan, dan panjang rumah tersebut kebelakang, dan lain sebagainya. Hal tersebut sedetail mungkin informasi tersebut bisa Anda ketahui agar mudah untuk memasarkan dan berkomunikasi langsung dengan calon buyer.

3. Informasi ketika terjadi sebuah transaksi: perihal ini pun terkadang suka dilupakan oleh banyak broker. Padahal untuk menjadi broker profesional, pengetahuan perhitungan transaksi jika terjadi di notaris akan menjadi peluang Anda semakin dipercayai oleh para calon buyer. Mereka akan mengingat Anda ketika suatu saat memerlukan properti yang lainnya.

Jujur sesuai keadaan properti yang sebenarnya
Tips berikutnya adalah yang paling utama dari apa yang telah dipaparkan, yaitu jujur apa adanya. Biasanya untuk bisa jujur sesuai dari keadaan properti tersebut. Jangan selalu melebihkan apa yang memang tidak harus dilebihkan, jika ada beberapa pertanyaan yang belum Anda ketahui alangkah lebih baiknya minta waktu untuk bisa bertanya kepada pemilik properti tersebut sehingga tidak ada salah persepsi yang menyebabkan nilai yang dianggap lebih tersebut ketika ternyata tidak sesuai maka hasilnya akan tidak terpuaskan oleh calon buyer. Semua bisnis dengan adanya sebuah kejujuran akan membawa sebuah keberkahan, karena pemilik properti akan percaya pada Anda sebagai broker profesional dan calon buyer pun akan percaya bahwa Anda broker yang pantas untuk menjadi perantara mereka. Kemudian, hal yang penting adalah fee untuk broker yang diberikan baik itu dari pihak pemilik properti ataupun buyer tidak akan berat untuk memberikannya kepada broker profesional seperti Anda.

Itulah dua tips menarik yang bisa Anda simak, semoga dengan informasi tersebut yang berkenaan dengan bisnis properti bisa berguna dan menambah wawasan Anda.


Cara Bisnis Properti


EmoticonEmoticon